Profil

LATAR BELAKANG

Krisis ekonomi yang melanda Indonesia dan beberapa negara dikawasan Asia Pasifik, telah membuka kesadaran dan cakrawala baru. Sektor pertanian, khususnya perkebunan, yang akhir-akhir ini daya tariknya didominasi oleh sektor industri, mencuat kembali sebagai sektor usaha yang menarik. Perkebunan merupakan subsektor yang berperan penting dalam perekonomian nasional melalui kontribusi dalam pendapatan nasional dan penyediaan lapangan kerja.

Sejarah perkembangannya, subsektor ini tidak terlepas dari berbagai dinamika lingkungan nasional dan global. Perubahan strategis nasional dan global tersebut mengisyaratkan bahwa pembangunan perkebunan harus mengikuti dinamika lingkungan perkebunan. Pembangunan perkebunan harus mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapi perkebunan serta mampu menjawab tantangan-tantangan globalisasi.

Masalah lingkungan seperti limbah padat, cair,dan gas timbul dalam batas tertentu karena belum adanya teknologi penanganan limbah. Mahalnya investasi industri pemanfaatan limbah perkebunan dan rendahnya kesadaran penanganan limbah dan lemahnya penerapan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan penanganan limbah.

Salah satu upaya untuk membantu mencarikan solusi terhadap permasalahan global Indonesia adalah dengan menampung pemikiran dan inovasi para generasi muda melalui kegiatan SIPPI (Semarak Inovasi Pembangunan Pertanian Indonesia).

Tujuan:

  1. Memberikan pemahaman mengenai pentingnya peran perkebunan guna menciptakan keselarasan lingkungan.
  2. Memberikan pemahaman mengenai peran stakeholder yang meliputi akademisi, pengusaha, dan pemerintah dalam peningkatan produktivitas dengan mempertahankan kelestarian lingkungan.
  3. Memotivasi masyarakat, pelajar, dan mahasiswa untuk berperan aktif dan kreatif dalam menciptakan berbagai inovasi untuk keseimbangan ekosistem.

 

KEGIATAN

Nama Kegiatan         : SIPPI “Semarak Inovasi Pengembangan Pertanian Indonesia”

Tema Kegiatan          :Peran Pertanian Menghadapi Krisis Global Menuju Indonesia 2025

Deskripsi Kegiatan

SIPPI (Semarak Inovasi Pengembangan Pertanian Indonesia) adalah sebuah kegiatan yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Agronomi IPB melalui divisi Litbangtan Himagron IPB. Kegiatan ini adalah alat yang mewadahi pikiran para mahasiswa strata satu serta  pelajar sekolah menengah sebagai kaum akademisi untuk merespon masalah pertanian Indonesia. Tema penulisan yang diusung pada acara kali ini adalahPeran Pertanian Menghadapi Krisis Global Menuju Indonesia 2025. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini secara garis besar meliputi pembuatan karya tulis ilmiah untuk mahasiswa dan pembuatan essay untuk siswa-siswi SMA/sederajat.

Pembuatan karya tulis ilmiah: Pembuatan LKTI yang melibatkan mahasiswa se-Indonesia tanpa ada batasan Fakultas/Jurusan dengan tenggang waktu pembuatan yang akan disediakan oleh pihak kepanitiaan acara. Pembuatan karya tulis ini mengacu terhadap inovasi yang mensolusikan masalah pertanian di Indonesia baik secara skala industri atau skala desa tanpa ada batasan komoditas.

 

Sekretariat: Gedung Faperta Node C Level 3
Jalan Meranti, Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s